Info Terbaru 2022

Fungsi, Bagian-Bagian, Cara Kerja Dan Cara Merawat Indra Pendengaran

Fungsi, Bagian-Bagian, Cara Kerja Dan Cara Merawat Indra Pendengaran
Fungsi, Bagian-Bagian, Cara Kerja Dan Cara Merawat Indra Pendengaran
Fungsi, Bagian, Cara kerja dan Merawat Telinga

A. Bagian-bagian Indra Pendengaran/Telinga
a.     Telinga Bagian luar
Telinga luar yaitu potongan indera pendengaran insan yang berada di potongan luar. Adapun indera pendengaran luar tersebut terdiri dari pinna atau (daun telinga) dan lubang indera pendengaran atau meatus auditorius eksternus , dan juga gendang indera pendengaran atau membran timpani.
Fungsi daun indera pendengaran yaitu untuk membantu mengarahkan bunyi ke dalam lubang indera pendengaran untuk menuju ke kendang telinga. Bentuk daun indera pendengaran yang kompleks pada potongan indera pendengaran luar mempunyai fungsi untuk menangkap bunyi dan untuk potongan yang ludang kecepeh penting yaitu liang atau lubang telinga. Daun indera pendengaran tersusun dari tulang rawan yang dilapisi kulit tipis telinga.
b.  Telinga Bagian tengah
Telinga potongan tengah yaitu rongga udara yang berada dibelakang gendang telinga, terdiri dari 3 tulang pendengaran diantaranya yaitu (meratil atau malleus, landasan atau incus, serta stapes atau sanguardi). termasuk ujung sari saluar Eustachius juga mempunyai posisi di potongan tengah telinga.
Getaran bunyi atau bunyi yang diterima gendang indera pendengaran selanjutnya akan disampaikan ke tulang pendengaran, kemudian dari masing -masing tulang pendengaran tersebut akan memberikan getaran tersebut ke potongan tulang memberikankutnya. Selanjutnya tulang sanggurdi yang berukuran organ tulang ter kecil terkecil ini akan meneruskan getaran ke rumah, selaput atau koklea telinga.
Koklea yaitu potongan indera pendengaran yang mempunyai tugas yang sangat penting bagi fungsi dari pendengaran. Koklea yaitu salah satu jalan masuk berbentuk spiral yang membentuk dua pertiga putaran dan mengitari sentra tulang yang disebut modiolus tersebut.
Dilihat dari panjangnya, jalan masuk koklea tersebut terbagi atas 3 terowongan oleh dua membrane, yakni membran basilar dan satu lagi membran vestibular, yang menjadi meregang dari modiolus.
c.       Telinga Bagian Dalam
Telinga potongan dalam yaitu potongan indera pendengaran yang terdiri dari potongan tulang serta potongan membrane, indera pendengaran potongan dalam tersebut juga disebut sebagai potongan labirin lantaran mempunyai bentuk yang ibarat labirin, Labirin tulang indera pendengaran tersebut mempunyai tiga potongan diantaranya yaitu :

1.     Koklea atau rumah siput , Koklea yaitu potongan dalam indera pendengaran yang mempunyai fungsi untuk reseptor lantaran mempunyai sel – sel saraf di potongan dalamnya.
2.     Vestibule yaitu potongan dalam indera pendengaran yang fungsinya yaitu untuk merangsang respon pendengaran.
3.     Kanalis semisirkularis yaitu indera pendengaran potongan dalam dan mempunyai fungsi sebagai jalan masuk untuk peserta infomasi atau pun bunyi dari sumber suara.

B. Fungsi Indra Pendengaran Bagi Manusia:
1.  Fungsi indra pendengar yaitu sebagai alat untuk mendengar segala sesuatu yang berbunyi (menghasilkan bunyi),
2.  Daun telinga, lubang indera pendengaran dan liang pendengaran berfungsi sebagai penangkap sekaligus mengumpulkan gelombang bunyi,
3.  Gendang indera pendengaran mempunyai berfungsi mendapatkan rangsangan bunyi dan selanjutnya akan meneruskannya ke potongan yang ludang kecepeh dalam.

C. Cara Kerja Indra Pendengaran /Telinga:
1.  Bunyi masuk ke lubang atau liang indera pendengaran hal ini akan mengakibatkan gendang indera pendengaran menjadi bergetar.
2.  Gendang indera pendengaran bergetar di sebabkan oleh bunyi yang di terima.
3.  Getaran bunyi merambat melalui osikula menuju rumah siput.
4.  Getaran bunyi sanggup mengakibatkan cairan yang berada di potongan rumah siput bergetar.
5.  Getaran cairan tersebut akan mengakibatkan sel-sel rambut melengkung. Selanjutnya Sel rambut tersebut akan  menciptakan sinyal saraf yang kemudian ditangkap oleh saraf auditori. Kemudeian sel rambut yang berada pada salah satu ujung rumah siput akan mengirim informasi bunyi nada rendah dan sel rambut pada ujung lain mengirim informasi bunyi nada tinggi.
6.  Saraf auditori akan mengirimkan sinyal ke otak yang selanjutnya sinyal tersebut ditafsirkan sebagai bunyi.

D. Cara Merawat Indra Pendengaran /Telinga:
1.  Pilihlah materi pengering yang lembut dan juga kebersihan (kasa steril), yang bersifat menarik cairan yang mengendap di liang telinga, atau sanggup menggunakan kertas tisu yang tidak mengecewakan tebal. Jangan menggunakan aplikator yang keras mirip logam atau kayu dengan kapas di letakkan di potongan ujungnya atau kertas yang memperringan dan sepele hancur dikhawatirkan akan terlepas dan tertinggal di dalam liang telinga. Anda sanggup memakai cutton bud yang ukurannya ludang kecepeh kecil dari lubang telinga, dan janganlah memasukan cutton bud terlalu dalam.
2.  Letakkan materi pengering tersebut di dalam liang indera pendengaran dengan hati-hati  selanjutnya angkat jikalau materi pengering sudah tampak basah.
3.  Jika kemasukan benda ajaib yang menutupi seluruh potongan liang telinga, atau terasa ada problem pada pendengaran anda, sebaiknya  segeralah konsultasikan ke dokter.

Demikianlah klarifikasi perihal Fungsi, Bagian-bagian, Cara kerja dan Cara Merawat Telinga kali ini agar memberi manfaat dan salam METIF-.
Advertisement

Iklan Sidebar