Info Terbaru 2022

Media Edukatif

Media  Edukatif
Media  Edukatif
PERMAINAN  EDUKATIF atau MEDIA  EDUKATIF


A. DEFINISI PERMAINAN  EDUKATIF

Definisi dari permainan edukatif adalah, segala bentuk permainan yang diciptakan dengan tujuan memmemberikankan pengalaman berguru atau pendidikan pada para pemainnya, jenis-jenis permainan tersebut mencakup permainan tradisional dan juga modern, dimana dari beberapa jenis permainan tersebut mempunyai muatan pendidikan serta pengajaran (Adams, 1975). Berdasarkan pengertian tersebut, segala bentuk permainan yang dikemas guna memmemberikankan informasi dan penanaman huruf tertentu, menyerupai memupuk semangat kebersamaan, kegotong royongan, dan permainan edukatif tersebut bisa memmemberikankan manfaat dalam kategori berguru secara kognitif serta afektif. Dengan begitu, tidak menjadi permasalahan apakah permainan atau media edukatif tersebut orisinil dirancang secara khusus khusus (by design) untuk keperluan pendidikan atau media edukatif model usang atau tradisional yang digunakan (by utilization) sebagai media edukatif atau pendidikan.

ialah serangkaian peralatan permainan menyenangkan serta mempunyai kegunaan sebagai sebuah metode pendekatan untuk memmemberikankan pendidikan dan dengan metode pendidikan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kemampuan berbahasa, serta berbaur dan bersama, berpikir dengan lingkungannya, mempunyai kegunaan untuk memmemberikan kebugaran terhadap fisik anak, berbagi kepribadian, dan sekaligus menjadi media penghubung antara pendidik dengan penerima didik, dan dengan demikian pendidik akan memperringan dan sepele dalam  menyalurkan kegiatan pembelajaran kepada penerima anak didik.

Permainan edukatif juga bisa berarti sesuatu bentuk kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan mendapat kesenangan dari metode atau pendidikan yang digunakan dalam kegiatan bermain, dan disadari atau tidak, media edukatif tersebut mempunyai muatan pendidikan yang sanggup mempunyai kegunaan dalam mendevelop diri penerima didik, Artinya permainan edukatif merupakan sesuatu bentuk kegiatan mendidik yang dilaksanakan dengan memakaikan metode atau media edukatif berupa permainan yang bersifat mendidik. Ringkasnya, permainan edukatif ialah permainan yang bersifat mendidik.

B. PERMAINAN MEDIA EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN
Dunia anak ialah dunia bermain, melewati bermain anak mendapati temuan yang mengandung aspek pernyebaran kognitif, sosial, emosi serta pernyebaran fisik. melewati kegiatan bermain dengan bermacam-macam permainan anak dirangsang buat berkembang secara umum baik pernyebaran berpiikir, emosi ataupun sosial Anak-anak umur 2-8tahun merupakan anak terhadap level praoperasional. acuan oleh Piaget ciri pokok pernyebaran terhadap level ini ialah terhadap pemakaian simbol atau bahasa tanda, serta mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif. Praoperasional(2-4tahun )pada umur ini anak sudah sanggup menggunakkan bahasa dalam mendevelop konsepnya, meskipun masih amat sederhana. Karakteristik terhadap level ini adalah:

1.     Self counter amatmenonjol,
2.     Dapat mengklasifikasikan objek terhadap status basis secara tunggal serta mencolok,
3.     Tidak sanggup memusatkan pandangan terhadap objek-objek yang berbeda,
4.     Mampu mengumpulkan barang-barang acuan oleh alasannya ialah itu  diantaranyakriteria
yang benar,
5.     Dapat menyusun benda-benda secara berderet, tatapi tak bisa memaparkan.

Perbedaan antara deretan Tahap Intuitif (4-8 tahun) mempunyai karakteristik sebagai memberikankut :

(1) anak sanggup membentuk kelas-kelas, tetapi kurang merasai maksudnya,
(2) anak mulai mengerti kaitan logis terhadap hal-hal yang kompleks,
(3) anak bisa melakukan sebuah pada sebanyak ide,
(4) anak sanggup mendapati prinsip secarra benar .

Pendidikan anak usia dini antara (0-8tahun) merupakan wadah berguru dan juga kawasan bermain bagi anak-anak. Anak-anak diajarkan mengenal aturan, disiplin, tanggung tpendapat serta kemandirian dengan metode bermain. Anak juga diajarkan bagaimana mereka sesegera mungkin beradaptasi dengan lingkungannya, berikut mencicipi dengan temannya, tentunya juga memperlancar bekerja sama dengan anak yang lain Melalui kegiatan bermain yang mengandung edukasi, daya pikir anak akan terangsang buatmerangsang pernyebaran emosi, pernyebaran sosial serta pernyebaran fisik. tiap anak mempunyai kemampuan serta ketertarikan bermain yang lain hal bergantung dari pernyebaran anak.

Dari kudang kecepeasaannya ini juga akan memicu fantasi-fantasi besar oleh anak, serta terang saja akan semakin memperbanyak rasa ketertarikan anak terhadap permainan tersebut.
Permainan atau media edukatif bagi anak-anak, mempunyai manfaat :

1)   Permainan atau media edukatif sanggup membantu anak dalam mendevelop dirinya,
2)   Permainan atau media edukatif sanggup minengkatkan kemampuan berkomunikasi bagi anak,
3)   Permainan atau media edukatif sanggup membantu anak dalam membuat Perihal gres atau sanggup memberikannovasi terhadap suatu permainan,
4)   Permainan atau media edukatif sanggup menaikkan metode beranalogi terhadap anak,
5)   Permainan atau media edukatif sanggup menaikkan keingintahuan anak,
6)   Permainan atau media edukatif sanggup menaikkan rasa percaya diri terhadap anak,
7)   Permainan atau media edukatif sanggup merangsang imajinasi terhadap anak,
8)   Permainan atau media edukatif bisa melatih kemampuan bahasa terhadap anak,
9)   Permainan atau media edukatif  dapat membentk moralitas anak,
10)Permainan atau media edukatif bisa mendevelop memperkenalkan terhadap anak.

Dalam menentukan permainan edukatif, orang bau tanah atau pendidik harus cendekia cerdik dalam memilih, alasannya ialah tidak tiruana yang harganya mahal dan modern itu bersifat mendidik, bisa jadi itu hanya menanamkan sifat konsumtif pada anak. Selayaknya orang bau tanah dirumah dan pendidik di sekolah sanggup menentukan dan menyediakan media-media yang sanggup mendukung perkembangan kepribadian anak, yang menyangkut fisik, intelektual, sosial, moral dan sentimental anak.

C. SYARAT-SYARAT YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH MEDIA EDUKATIF
Permainan edukatif harus mempunyai fungsi untuk berbagi banyak sekali aspek perkembangan anak, menyerupai motorik, bahasa, kecerdasan, dan memperkenalkan.
Selain itu alat permainan edukatif harus sanggup dimainkan dengan banyak sekali variasi, tetapi jangan terlalu tidak ringan dan sepele sehingga anak akan memperringan dan sepele frustasi, atau terlalu memperringan dan sepele sehingga anak akan cepat bosan.

Dalam menentukan permainan edukatif, guru dan orang bau tanah harus memperhatikan kelayakan dan keamanan mainan tersebut. Syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam menentukan permainan edukatif diantaranya:

1.     Desain Praktis dan Sederhana
Sebaiknya desain permainan edukatif mempunyai desain yang sederhana. Hal paling penting ialah sempurna dan mengena pada target edukasi, sehingga anak tidak terbebani dengan kerumitannya.

2.     Multifungsi
Permainan edukasi sesuai untuk anak lelaki atau perempuan, sehingga sanggup juga dibuat sesuai kreativitas dan cita-cita anak.

3.     Menarik
Permainan edukatif sebaiknya bisa memotivasi anak dan tidak memerlukan pengawasan yang intensif. Sehingga anak akan bebas mengekspresikan kekreatifannya.

4.     Berukuran besar
Permainan edukatif sebaiknya berukuran besar alasannya ialah kan mememperringan dan sepelekan anak untuk memegangnya dan menghindari kemungkinan membahayakan contohnya dimasukkan ke mulut, maka sebaiknya menentukan peralatan yang besar.

5.     Awet dan sesuai kebutuhan
Hendaknya permainan edukasi tahan usang dan sesuai tujuan yang diinginkan, sesuai kebutuhan dan tidak menghabiskan ruangan.

6.     Mendorong Anak untuk bermain bersama
Sebaiknya menentukan anak yang memmemberikan kesempatan untuk bermemperkenalkan dengan temannya dengan segenap kreativitasnya.

7.     Mengembangkan Daya Fantasi
Permainan edukasi diharapkan bisa berbagi daya fantasi dan imajinasi anak. Walaupun alat permainan edukatifnya sederhana harus tetap menarik baik warna maupun bentuknya. Bila bersuara, suaranya harus jelas. Alat permainan edukatif harus memperringan dan sepele diterima oleh tiruana kebudayaan alasannya ialah bentuknya sangat umum dan harus tidak memperringan dan sepele rusak. Kalau ada bagian-bagian yang rusak harus memperringan dan sepele diganti. Selain itu pemeliharaannya memperringan dan sepele, terbuat dari materi yang memperringan dan sepele didapat, dan harganya terjangkau oleh masyarakat luas.


D. CONTOH-CONTOH MEDIA EDUKATIF

1. PUZZLE
Puzzle yang digunakan ialah puzzle yang sederhana, gambarnya belum terlalu rumit dan cocok untuk anak prasekolah hingga umur 8 tahun. Puzzle ini suatu bentuk permainan beregu yang menugasi pemain untuk menggabungkan atau merangkai kembali potongan-potongan kertas berbangun tak beraturan sehingga menjadi suatu bangun atau bentuk tertentu menyerupai bujur sangkar, empat persegi panjang, trapesium, jajaran genjang, lingkaran, dan segi tiga.

Tujuan dari permainan diharapkan mengandung aspek moral dan inteleknya. Pemainnya ialah anak usia dini, atau prasekolah yang gres berguru mengenal bangun dan bentuk. Alat pada permainan ini ialah kertas berbangun tertentu, contohnya bujur sangkar, kemudian dipotong menjadi beberapa belahan dan bermacam-macam bentuknya.

Sebelum permainan dimulai guru menjelaskan terludang kecepeh berlalu dan silam macam-macam bentuk sederhana dan bangun. Guru memimpin permainan dan menjelaskan bahwa dalam permainan ini diharapkan kerjasama dan kebersamaan. Guru juga memmemberikan pola kerjasama dalam kehidupan nyata, contohnya kerja bakti memkebersihankan halaman rumah, membangun jalan dan lain sebagainya. Guru juga memmemberikan pola macam-macam benda yang menyerupai dengan bentuk bangun tersebut yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu guru menjelaskan ciri-ciri dari bangun yang akan dimainkan tersebut, misalkan jumlah sisinya, bentuk sudutnya. guru mengumumkan bahwa belum dewasa akan diajak gotong royong memainkan permainan membentuk bangun/bentuk itu; kemudian pemimpin permainan mempersiapkan kawasan dan alatnya dengan sedapat mungkin melibatkan anak-anak.

Selanjutnya guru pemimpin permainan merekrut pemain. Jumlah pemain ialah sama dengan jumlah kepingan kertas yang tersedia dalam satu set alat permainan. Pemain kemudian diminta berdiri mengelilingi meja kawasan permainan. Anak-anak yang lain diminta menonton jalannya permainan. Kemudian guru menjelaskan bahwa potongan-potongan kertas itu bisa dibuat kembali apabila disusun menjadi satu.

Guru pemimpin permainan harus pula menjelaskan bahwa kolaborasi juga diharapkan dalam pekerjaan-pekerjaan lainnya (pemimpin permainan harus memperlihatkan contohnya yang sanggup dilihat oleh belum dewasa dalam lingkungan masing-masing, contohnya membuat rumah, memkebersihankan got/ sungai, menata rumah, dan menjaga rumah atau menjaga keamanan kampung.

Saat memulai permainan, guru membagikan kepingan-kepingan kertas permainan kepada pemain. Satu orang pemain mendapat satu kepingan. Kepada pemain dijelaskan bahwa mereka bertugas menata kembali kepingan kertas itu sehingga menjadi bangun/bentuk tertentu (misalnya empat persegi panjang). Aturan main juga dijelaskan, yakni: (a) Para pemain dilarang saling berbicara dengan sesama pemain; (b) Para pemain dilarang meminta kepingan kertas kepada pemain lain; (c) Para pemain dilarang memmemberikan kode, isyarat dan petunjuk lainnya kepada pemain lain; (d) Para pemain boleh memmemberikankan kepingan kertas pegangannya kepada pemain lain yang membutuhkan untuk menuntaskan bangun/bentuk tersebut (tetapi sama sekali dilarang meminta.

Kemudian guru mengajak belum dewasa untuk membahas jalannya permainan Yang perlu dibahas terutama adalah: (a) apakah para pemain dan belum dewasa lainnya telah benar-benar mengenal bangun yang dimainkan itu? (b) apakah “rahasia” kelancaran atau kelambatan para pemain dalam membentuk bangun yang dikehendaki? (c) apakah ada gangguan dan aral dalam kolaborasi para pemain, contohnya apakah ada yang cenderung mendekte, “tidak sabaran”, “suka ngambek” dan sebagainya? (d) perlunya kolaborasi dan perlunya pengendalian diri dalam kerja sama. Dengan mekanisme yang serupa, bentuk permainan ini sanggup dikembangkan sehingga sanggup dimainkan untuk memperkenalkan warna, binatang, tanaman, dan bilangan.

Perlakuan sesudah permainan ini hendaknya ludang kecepeh dipentingkan daripada Permainan Puzzle sebagai salah satu bentuk permainan edukatif itu sendiri. Tanpa perlakuan sesudah permainan, maka maksud dan tujuan permainan edukatif yakni untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kerjasama siswa tidak akan pernah tercapai, sehingga permainan itu ludang kecepeh dari permainan pelipur lara belaka.

2. BUILDING BLOCK
Building Block sanggup dibuat dari kayu ataupun plastik. Biasanya permainan ini membangun rumah, istana, ada jembatan dan banyak pilihan bangunan lainnya. Pada prinsipnya permainan ini ialah membangun atau mendirikan suatu bangunan. Anak dibagi dalam beberapa kelompok, contohnya 5 orang. Kemudian tiap kelompok dimemberikan potongan-potongan bangunan yang nantinya akan dibangun. Sebelumnya guru menjelaskan hukum permainannya. Tidak ada siswa yang boleh bertukar atau mencari potongan lain pada kelompok lain. Makara dari potongan yang dimemberikankan guru harus dibangun tiruana.

Nilai yang diambil dari permainan ini ialah kecepatan, kebersamaan dan yang paling penting ialah kerjasama anak dalam membangun. Sebernarnya kecepatan tidak terlalu diutamakan, tetapi untuk memotivasi anak hal itu harus disampaikan. Setelah dibagi dalam kelompok, guru memimpin permainan. Guru hanya memmemberikan isyarat dan motivasi dari permainan itu. Setelah final guru mepenilaian kecepatan, dan kerjasama sari masing-masing kelompok. Setelah itu guru memmemberikan memperbaiki bahwa dari permainan tadi banyak penilaian-penilaian yang di dapatkan. Misalnya kerjasama, guru menjelaskan bahwa dalam hal apapun kalau dikerjakan gotong royong akan ludang kecepeh ringan dan cepat selesai. Guru juga menjelasskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari sangat diharapkan kerjasama, baik di sekolah, di rumah, atau di masyarakat.

E. PRINSIP-PRINSIP PADA MEDIA EDUKATIF

1. PRINSIP PRODUKTIVITAS
Permainan edukatif harus sanggup berbagi perilaku produktif pada diri anak sebagai pengguna dan pemain dalam permainan itu sendiri. Sehingga dari permainan itu akan mengena dan tersimpan di memori anak sehingga suatu ketika anak bisa menginovasi atau membuat sesuatu yang baru.

2. PRINSIP AKTIVITAS
Permainan edukatif harus bisa berbagi perilaku aktif pada anak. Sehingga permainan edukatif bisa berbagi motorik berangasan dan motorik halus pada anak.

3. PRINSIP EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI
Prinsip ini menjadi tolak ukur dari dampak dan pengaruh permainan edukatif yang digunakan. Makara dalam hal ini guru sebagai fasilitator dituntut cerdas untuk menentukan permainan edukatif yang mempunyai muatan pendidikan dan cocok untuk anak.

4. PRINSIP KREATIVITAS
Melalui permainan, diharapkan anak bisa merancang sesuatu yang gres dan berbeda dan mengakibatkan kepuasan pada anak. Meskipun permainan itu memperringan dan sepele dan murah, tapi anak akan tetap mempunyai rasa ingin tau untuk membongkar atau merusaknya.

5. PRINSIP MENDIDIK DENGAN MENYENANGKAN
Permainan edukatif harus memperhatikan sisi kemampuan anak. Dari permainan diharapkan anak merasa bahagia dengan permainan yang dimainkan namun, tanpa disadari ternyata permainan yang dikembangkan memberi manfaat untuk berbagi IQ, EQ danSQ.


F. DAMPAK MEDIA EDUKATIF BAGI ANAK
1. Mampu melatih konsentrasi pada anak
Semakin dini usia anak semakin terbatas pencurahan perhatiannya. Oleh alasannya ialah itu permainan dan pengajaran yang menggunakkan alat dan media yang baik akan membantu mempertahankan daya tangkap pelajar dan siswa.

2. Mengajar dengan ludang kecepeh cepat dengan waktu relatif singkat
Bila pelajaran hanya disampaikan dengan kata-kata saja, mungkin bisa tersampaikan atau salah paham. Namun dengan derma alat dan media yang baik, guru bisa menjelaskan dalam waktu cepat dan mencapai indikator kebnerhasilan berguru ludang kecepeh cepat.

3. Menambah daya pengertian dan ingatan
Dalam menjelaskan sesuatu kalau menggunakkan media yang sempurna tentu akan ludang kecepeh memperringan dan sepele dimengerti dan memperdalam pengalaman berguru serta ingatan siswa. Melalui indera penglihatan dan indera pendengaran pelajar dan siswa sanggup memahami perbedaan arti, warna , serta bentuk.

4. Membuat proses berguru menyenangkan
Cara mengajar yang terus menerus tentu akan membosankan. Tetapi bila didisampaikan dalam bentuk yang berbeda, media yang berbeda tentu akan menyenangkan dan bisa membangkitkan motivasi berguru anak.

5. Membangkitkan emosi anak
Menyampaikan suatu materi dengan media-media yang menarik tentunya akan ludang kecepeh berhasil daripada menggunakan ceramah saja. Dengan media yang menarik tentu akan membangkitkan emosi anak, perhatian pada materi dan juga pada media tersebut.

6. Mampu Mengatasi Keterbatasan Bahasa
Perbedaan kebudayaan sering mengakibatkan kesalahpahaman, namun dengan media bisa mengatasi kesalahpahaman akan keterbatasan belum dewasa untuk mengerti suatu bahasa.

7. Meningkatkan rasa memperkenalkan pada anak
Permainan yang edukatif tentunya dilarang melupakan muatan-muatan pendidikan bagi anak. Dengan model permainan kelompok tentu akan menumbuhkan rasa sosial pada anak.

8. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak
Dengan permainan edukatif niscaya merangsang anak untuk bekerjasama dan berkomunikasi dengan orang lain. Paling tidak dengan permainan edukasi akan mengakibatkan banyak pertanyaan dan imajinasi yang tentunya akan ditanyakan pada guru, orangtua atau sobat sebayanya.

Nah itulah beberapa klarifikasi singkat perihal pentingnya bagi belum dewasa kita, terus kunjungi metif.blogspot.com untuk menadapatkan tips-tips menarik lain perihal , sekian dulu artikel kali ini agar memberi manfaat dan salam METIF-.
Sumber dan Referensi : www.sewamainan.co.id
Advertisement

Iklan Sidebar