Info Terbaru 2022

Khasiat Daun Encok Untuk Obat Alami

Khasiat Daun Encok Untuk Obat Alami
Khasiat Daun Encok Untuk Obat Alami
Daun Encok Obat Alami

METIF -Tumbuhan Daun Encok awalnya berasal dari Negara  Sri Lanka, selanjutnya menyebar ke seluruh daerah tropis, dan termasuklah di Negara kita Indonesia dan serta beberapa negara di kepulauan Pasifik. Daun encok biasanya tumbuh liar di ladang, di tepi terusan air atau ditanam di pekarangan sebagai pagar hidup dan tempat-tempat lainnya hingga setinggi kurang ludang keringh 800m dpi. Perdu tahunan yang menaik, mempunyai bentuk batang panjang, tinggi 0,6-2m. Batang berkayu, bundar licin, beralur, bercabang.

Daun tunggal, letak berseling, bertangkai yang panjangnya 1,5 - 2,5 cm, awal tangkai daun agak melebar, memeluk batang. Daun bundar telur hingga jorong, panjang 5 – 11 cm, lebar 2 - 5 cm, ujung runcing, awal tumpul tepi diberinggit, daun tulang menyirip, warnanya hijau. Bunga beragam dalam tandan yang keluar di ujung tangkai, kecil-kecil, berambut, berwana putih. Buah kecil, bundar panjang, masih muda hijau, sehabis bau tanah hitam. Biji kecil, cokelat. Perbanyakan dengan biji atau stek.

1.     Daun Encok Untuk Obat Rematik
Bahan A:
Siapkan segenggam daun segar. Cara menciptakan : Dicuci kemudian ditumbuk halus. : Tambahkan air hangat secukupnya hingga campuran ibarat bubur. Cara menggunakan: gunakan untuk melumas dan menggosok bab badan yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

Bahan B :
Siapkan daun segar sebanyak 15g kemudian dicuci membersihkan. Cara menciptakan : Tambahkan kapur sirih sebanyak 1 sendok makan. Campuran ini kemudian ditumbuk hingga lumat, Cara menggunakan: kemudian dibalurkan ke tempat yang sakit.

2.     Daun Encok Untuk Obat Sakit kepala
Bahan A:
Siapkan daun encok secukupnya, kemudian di pipihkan. Tambahkan sedikit minyak kelapa hingga menjadi campuran ibarat bubur. Cara menggunakan: Letakkan di pelipis dan bab kepala yang sakit sebagai tapal. Cukup 30 menit supaya tidak terjadi lepuh.

Bahan B:
Siapkan daun encok segar, kemudian basuh membersihkan dan memarkan. Oleskan minyak kelapa dan layukan di atas api. dan tempelkan pada bab belakang telinga.

3.      Daun Encok Untuk Obat Kencing kurang lancar
Ambil daun encok secukupnya, menambahkan adas pulosari kemudian giling halus, dan gosokkan ramuan tersebut di perut bab bawah, sempurna di posisi kandung kencing. Cukup 30menit biar tidak terjadj lepuh.

4.     Daun Encok Untuk Obat Kanker darah
Siapkan akar daun encok, biji Livistona chinensis, Hedyotis diffusa (rumput pengecap ular) dan Verbena officinalis (verbenae berbaima bian cao), masing-masmg 30 g, dan Spica pruneliae (xia ku caol dan flora Prunelia vulgaris L.) 15g. Akar daun encok direbus terludang keringh lampau selama 4 jam dengan air membersihkan secukupnya. Tambahkan air jikalau air rebusannya berkurang. Setelah 4 jam, gres materi obat lain-lainnya dimasukkan. Didihkan kembali selama 1/2j am. Setelah masbodoh disaring, dibagi untuk 3 kali minum. Sehari 3 kali, masing-masing 1/3 bagian.

5.     Daun Encok Untuk Obat Kusta, skabies, dan kelainan kulit
Ambil akar daun encok, kemudian basuh dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit susu dan air sambil diaduk merata hingga menjadi campuran ibarat pasta. Oleskan ke bab badan yang sakit.

CATATAN PENTING :
Perempuan hamil dihentikan menggunakan. Bila timbul keracunan pada kulit, basuh dengan asam borat (boric acid). Daun hanya dipakai untuk pemakaian luar. Pemakaian luar juga dibatasi selama 1/2 jam. Terlalu usang menyebabkan timbulnya lepuh ibarat luka bakar.


Demikian semoga berguna bagi kita tiruana, salam metif media edukatif
Advertisement

Iklan Sidebar