Info Terbaru 2022

Manfaat Flora Pandan Wangi

Manfaat Flora Pandan Wangi
Manfaat Flora Pandan Wangi
Manfaat Tanaman Pandan Wangi

METIF - Jenis tanaman Pandan anyir biasanya tumbuh di daerah-daerah tropis ada juga yang sengaja di tanam di kebun-kebun rumah penduduk. Pandan juga sanggup tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, maupun si tempat yang mempunyai suhu lembab, akan tumbuh dengan rindang kalau di tanam di tempat pantai atau tempat dengan ketinggian 500m dpi. Tergolong tanaman Perdu tahunan, batangnya yang tumbuh bisa hingga ketinggian 1-2 m. mempunyai ciri-ciri batang bundar dan tampak bekas duduk daun, mempunyai cabang, dan biasanya tumbuh menjalar, jenis akarnya ialah akar tunjang dan sanggup menjangkau di sekitar awal batang serta cabang. Daunnya ialah jenis daun tunggal, duduk, awalnya memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Tiap tiap helai daunnya pita, tipis, licin, dibagian ujung daunnya runcing dan tepinya rata, jenis daun bertulang  daun sejajar, panjang daun mencapai 40 - 80 cm, sedangkan lebar daun antara 3 - 5 cm, dibagian tepi daun berduri di batang dan belahan bawah awal, berwana hijau.

Pandan anyir mempunyai bunga majemuk, berbentuk bongkol, berwarna putih. Jenis buahnya buah watu dengan posisi menggantung dan bentuknya bundar menyerupai bentuk bola, ukuran atau diameter  buahnya antara 4-7cm, dibagian dinding buah mempunyai serabut, warna buahnya jingga. Tanaman Pandan anyir mempunyai banyak manfaat, selain sebagai materi kuliner atau rempah-rempah pandan anyir juga sanggup di manfaatkan sebagai materi baku untuk pembuatan minyak wangi.

Daunnya mempunyai aroma harum kalau di remas atau di iris, pandan anyir biasanya sering dipakai sebagai materi penyedap, pewangi serta dipakai sebagai materi pewarna hijau alami pada kuliner atau penganan. Pandan anyir sanggup dijadikan pengharum ruangan, irisan daun pandan muda dicampur bunga mawar, melati, cempaka dan kenanga, racikan menyerupai ini biasanya diselipkan di sanggul semoga rambut menjadi harum, dan bisa juga diletakkan di antara pakaian dalam lemari.

Daun pandan yang diiris kecil kecil juga dipakai sebagai adonan bunga rampai yang disebut juga bunga tujuh rupa. Pandan anyir di kembangbiakan dengan cara pemisahan tunas-tunas muda yang tumbuh di antara akar-akarnya dan di tanam di tempat yang disediakan.


Khasiat Tanaman Pandan Wangi Untuk Kesehatan
1. Mengobati Lemah saraf:
Siapkan daun pandan segar sebanyak 3 helai kemudian dicuci dan iris kecil-kecil. Irisan daun pandan di rebus dengan 3 gelas air membersihkan hingga tersisa 2 gelas. Setelah air rebusan hambar kemudian disaring dan diminum pada pagi dan sore hari, setiap kali minum masing-masing 1 gelas.



2. Mengobati Rematik dan pegal linu:
Bahan A:
Siapkan daun pandan segar sebanyak 3 helai  lalu dicuci dengan air membersihkan dan irislah tipis-tipis. Cara menggunakannya di seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah digerahkan dan diaduk-aduk hingga merata. Setelah mendidih kemudian diinginkan dan siap dipakai untuk menggosok belahan tubuh
yang sakit.

Bahan B :
Siapkan daun pandan segar sebanyak 5 helai  dan daun serai sebanyak 20 lembar, kemudian materi tersebut dicuci kemudian dan selanjutnya ditumbuk hingga halus. Selanjutnya menambahkan minyak kayu putih dan minyak gondopura masing-masing 1 sendok makan. Aduklah sambil diremas hingga merata.  Racikan ramuan tersebut sanggup dipakai sebagai minyak gosok dan juga mengurut belahan badan yang sakit.

3. Mengobati Gelisah:
Sipakan daun pandan segar sebanyak 2 helai kemudian dicuci dan irislah tipis-tipis. Cara memakainya diseduh dengan segelas air gerah. Dan sesudah hambar disaring, diminum sekaligus. Lakukan berulang 2 hingga 3 kali sehari, hingga penderita tenang.

4. Mengobati Rambut rontok:
Siapkan daun pandan segar sebanyak 10 helai daun pandan yang masih muda dan pastikan masih segar, segenggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar, sesudah dicuci membersihkan kemudian dipotong-potong secukupnya.

Masukan materi tersebut kedalam panci email, kemudian menambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing 1/2 cangkir. Panaskan hingga mendidih, kemudian diangkat. Setelah hambar disaring, siap untuk digunakan.

Caranya penggunaannya ialah dengan mengoleskan adonan minyak kebagian seluruh kulit belahan kepala sambil dipijat ringan. Lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut dikeramasi. Lakukan 2 - 3 kali seminggu.

5. Dapat juga dipakai untuk membantu menghitamkan rambut:
Caranya daun pandan anyir sebanyak 7 lembar dicuci kemudian dipotong.



Demikian klarifikasi ihwal Manfaat Tanaman Pandan Wangi kali ini semoga sanggup memdiberian manfaat kepada siapapun yang membacanya sekian dan salam Metif .
Advertisement

Iklan Sidebar