Info Terbaru 2022

Tari Tambun Bungai Khas Provinsi Kalimantan Tengah

Tari Tambun Bungai Khas Provinsi Kalimantan Tengah
Tari Tambun Bungai Khas Provinsi Kalimantan Tengah
Tari Khas Provinsi Kalimantan Tengah
 Tari Tambun Bungai dan Balean Dadas

METIF Media Edukatif-Tari Tanbun Bungai ialah salah satu tarian yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah, tarian tersebut mengisahkan sang kesatria yaitu Tanjung dan Bungai, yang pada masa itu berhasil mengusir nya dari tanah Kalimantan Tengah, musuh tersebut sangat meresahkan dan tak segan-segan merampas hasil panen masyarakat.

Tambun Bungai sendiri merupakan tokoh pejuang yang legendaris di Klaimantan Tengah, dan pejuang tersebut berasal dari sebuah dusun yang disebut ot Danum wilayah kabupaten Gunung Mas, mereka berasal dari suku orisinil Kalimantan tengah yakni Suku Dayak.

Sosok Tambun dan Bungai ini ialah orang yang bekerjsama masih mempunyai ikatan saudara konon ayah mereka juga adik kakak, dimana Tanjung dan Bungai ini juga mempunyai kepekaan terhadap rasa yang sama, dalam artian apabila salah satu diantara mereka disakiti maka satunya akan juga merasa tersakiti, keduanya juga mempunyai kemiripan karakter, selain cerdas mereka juga mempunyai perasaan yang lemah lembut, suka menolong, bijaksana, pantang mengalah dan ramah terhadap siapapun.

Yang mengakibatkan Tambun Bungai ini menjadi dikenal oleh masyarakat Kalimantan Tengah pada masa itu ialah alasannya ialah Tambun Bungai berhasil mengalahkan pembrontak yang berusaha merampas tanah sekaligus hasil panen masyarakat setempat, dan dengan perilaku kesatrianya itu mereka pun kesudahannya mendapat gelar Nyai Undang Raja di Pematang Sawang yang merupakan gelar Tumenggung Tambun Terjun Ringkin Duhung dan yang satu lagi disebut Tumenggung Bungai Andin Sindai.

Atsa segala jasa yang pernah dilakukan oleh Tambun Bungai, lalu timbullah ungkapan-ungkapan yang bersifat penghormatan yang ditunjukan dalam bentuk seni tarian yang sekarang disebut dengan Tari Tambun Bungai.
Selain tari Tambun Bungai, di tempat Kalimantan Tengah ini juga dikenal tarian yang berjulukan Tari Balean Dadas.

Adapun tarian Balean Dadas ini pada mulanya merupakan sebuah tarian tradisional yang dipakai sebagi media penyembuhan penyakit,
Penari yang membawakan tarian ini pun ditidak ada yang kurangi dengan pakaian etika suku dayak yang khas akan warnanya yang indah dan ramai.
Seperti apakah pakaian etika suku dayak Kalimantan Tengah ini simak penjelasannya di bawah ini;

Baca Juga :

Tari Balean Dadas di bawakan dengan melaksanakan beberapa doa atau permohonan kepada Ranying Hatala Langit atau sang Kuasa (Tuhan), dengan permohonan untuk meminta kesembuhan untuk mereka yang sedang sakit, namun fungsi tari tersebut sekarang sudah beralih menjadi tari penyambutan tamu atau tari yang di tampilkan ketika acara-acara pelantikan di Kalimantan Tengah.

Nah itulah tadi sedikit klarifikasi wacana tari etika Kalimantan Tengah, biar memberi manfaat bagi kita tiruana dan salam METIF .
Advertisement

Iklan Sidebar