Info Terbaru 2022

Nilai-Nilai Butir Sila Pancasila

Nilai-Nilai Butir Sila Pancasila
Nilai-Nilai Butir Sila Pancasila
Pancasila


METIF -Pancasila yaitu dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang gres bagi masyarakat Indonesia. Dari zaman lampau, skor-skor Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita.

Nilai-skor tersebut telah mencakup banyak sekali aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara hingga ketika ini. Nilai-skor Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Hal ini dimaksudkan biar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman. Tanpa skor-skor tersebut, kita tidak akan sanggup mencapai tiruana itu. Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama yang berbeda-beda. Kita dihentikan memaksakan

suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.

2. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama insan sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak.

Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersama sama akan bisa menegakkan dan juga memelihara kebersamaan. Penerapan skor ini dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan membuatkan rasa saling menyayangi sesama manusia, perilaku tenggang rasa, menjunjung tinggi skor-skor kemanusiaan, gemar melaksanakan aktivitas kemanusiaan, serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.

3. Persatuan Indonesia
Makna dan skor yang terkandung dalam sila ini yaitu menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Dengan menerapkan perilaku cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

4. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kudang keringjaksanaan dalam
Permusyawaratan/Perwakilan

Setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut hendaknya dipakai secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Selain itu, warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menuntaskan suatu duduk masalah bersama. Penerapan dalam perilaku sehari-hari yaitu dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan langsung dan golongan, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta mengutamakan budaya musyawarah dalam menuntaskan masalah dengan diliputi oleh semangat kekeluargaan. 

5. Nilai-skor Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan menghargai hasil kerja keras orang lain sangat diharapkan dalam mewujudkan perilaku kebersamaan. Di samping itu, harus dikembangkan pula perilaku adil terhadap sesama, menghormati hak orang lain, serta menolong dan menghargai orang lain.
Advertisement

Iklan Sidebar