Info Terbaru 2022

Sukses Budidaya Jeruk Siam

Sukses Budidaya Jeruk Siam
Sukses Budidaya Jeruk Siam
Budidaya Jeruk Siam

Jeruk siam ialah satu jeruk yang sering kita jumpai sehari hari. Dan jeruk siam juga mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis jeruk yang lainnya. Dilihat sekilas memang tidak jauh berbeda, perbedaanya terletak pada kulitnya yang tipis dan licin mengkilap. Di samping itu, kulit jeruk siam melekat ludang kecepeh lekat dengan dagingnya. Ukurannya cukup ideal, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

1. Cara Bertanam
A. Syarat Tumbuh
Untuk memperoleh pertumbuhan yang baik, jeruk siap memerlukan syarat tumbuh tertentu. Syarat tumbuh tersebut mencakup ketinggian tempat, jenis tanah, pH dan iklim. Memang jeruk siam bisa ditanam dimana saja, tetapi kesudahannya tidak memuaskan menyerupai jika ditanam di lokasi yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Oleh alasannya ialah itu, pemilihan lokasi tanam merupakan tahap yang sangat penting sebelum dilakukan penanaman.

B. Pemilihan Bibit
Bila adik-adik siswa yang berminat untuk mencoba menanam jeruk siam, dalam pemilihan bibit juga bukan problem yang dinomor duakan. Banyak penjual bibit jeruk di pasar tidak menjamin pembeli akan mendapat jeruk yang bagus. Untuk itu, semoga kita tidak tertipu di bawah ini ada beberapa ciri bibit yang bagus, yakni antara lain sebagai memberikankut:

- Bibit mempunyai daun-daun yang hijau segar,
- Pertumbuhan cabangnya seimbang,
- Bibit terlepas dan hama,
- Dan sebagainya.

C. Pengolahan Tanah
Jeruk siam bantu-membantu sangat memperringan dan sepele sekali dalam cara penanamannya, namun untuk memperoleh hasil yang memuaskan kita tidak ada salahnya terludang kecepeh berlalu dan silam mengolah tanah yang akan dijadikan lahan sebagai objek tanah tumbuhan jeruk siam tersebut. Adapun dalam pengolahan tanah tersebut, antara lain :

- Penyesuaian pH tanah,
- Penentuan teladan dan jarak tanam.

D. Penanaman dan Pemeliharaan Penanaman
Penanaman bibit jeruk pada lubang tanam yang sudah sudah disiapkan sebaiknya dilaksanakan jika dalam keadaan cuaca yang banyak hujannya. Sekitar pada bulan September hingga dengan bulan Nopember.

- Teknik penanaman
Sebelum penanaman terludang kecepeh berlalu dan silam periksalah kualitas bibit dan bentuk perakarannya. Bibit yang ditanam ialah bibit yang kondisinya sehat, segar dan tepat perakarannya.
 
- Pemeliharaan
Hasil yang memuaskan tidak akan diperoleh tanpa pemeliharaan yang baik. Tanaman jeruk memang tidak terlalu manja, tetapi pada saat-saat tertentu tumbuhan .ini bisa sangat peka terhadap serangan hama dan penyakit. Kematian tumbuhan jeruk ini tidak selalu alasannya ialah serangan hama, lingkungan yang kotor dan tidak terawat juga bisa mematikan tumbuhan ini.

Advertisement

Iklan Sidebar